Kamis, 06 November 2014

RPP SMA KELAS XI KURIKULUM 2013


rpp berikut ini disusun oleh saya dalam memenuhi tugas matakuliah plp. mungkin masih banyak kesalahan dan kekurangan. harap dimaklumi. namanya juga mahasiswa, salah mulu dimata dosen :D






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.    Nama Sekolah       : SMA
B.     Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris /Wajib
C.     Kelas                     : Xl / 1
D.    Materi Pokok        : Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya  
E.     Alokasi Waktu      : 3 x 2 JP (270 menit)
F.      Kompetensi Inti    :
§   KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§   KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§   KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
§   KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

G.    Kompetensi Dasar:
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar  
  2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
  3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  4.11 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

H.    Indikator :
(Sikap Spiritual)
1.1.1.      Menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran (A5)
1.1.2.      Menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran (A5)

(Sikap Sosial)
2.1.1.  Menunjukan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman (A5)
2.1.2.  Menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman (A5)

(Pengetahuan)
3.7.1.  Mengidentifikasi ungkapan kalimat passive voice dalam berbagai konteks (P2)
3.7.2. Mengidentifikasi cirri-ciri kalimat passive voice: fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (P2)
3.7.3.  Menirukan pengucapannya dan  menuliskan passive voice
3.7.4. Membandingkan perbedaan passive voice dalam bahasa Inggris dengan kalimat pasif dalam bahasa Indonesia(C6)
3.7.5.  Membandingkan kalimat passive voice dengan kalimat active(C6)

(Penerapan)
4.11.1.Menyusun teks ilmiah dengan passive voice (C3)
4.11.2.Melakukan percakapan dengan menggunakan passive voice di dalam dan di luar kelas (C3)

I.       Tujuan Pembelajaran :
(Sikap Spiritual)
1.1.3.      Siswa dapat menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran.
1.1.4.      Siswa dapat menunjukkan rasa antusias mengikuti pembelajaran.

(Sikap Sosial)
2.1.1. Siswa dapat menunjukan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.2. Siswa dapat menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

(Pengetahuan)
3.7.1. Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan kalimat passive voice dalam berbagai konteks (K1)
3.7.2. Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri kalimat passive voice: fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (K1)
3.7.3.  Siswa dapat menirukan pengucapannya dan  menuliskan passive voice(K1)
3.7.4. Siswa dapat membandingkan perbedaan passive voice dalam bahasa Inggris dengan kalimat pasif dalam bahasa Indonesia(K2)
3.7.5.  Siswa dapat membandingkan kalimat passive voice dengan kalimat active(K2)

(Penerapan)
4.4.1. Siswa dapat menyusun teks ilmiah dengan passive voice (P3)
4.4.2. Siswa dapat melakukan percakapan dengan menggunakan passive voice di dalam dan di luar kelas (P4)

J.       Materi :
§  Tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya (Passive Voice)
§  Fungsi Sosial : menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya
§  Struktur teks: Insects are considereddangerous animals. Tsunami is caused by earthquake affecting the seabed.
§  Unsur Kebahasaan: (1) Kata kerja be (is/ am/ are/ was/ were) dan verb 3rd form. (2)  tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
§  Topik: Berbagai hal terkait dengan kejadian/ kegiatan/ tindakan ilmiah yang tanpa perlu melibatkan pelakunya.

K.    Metode :
Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, role- play, penugasan individu dan kelompok.

L.     Media :
Laptop, Power Point Presentation

M.   Sumber :
§  Buku Understanding Grammar
§  Koran/ majalah berbahasa Inggris
§  Sumber dari internet:
-            www.mes-english.com

N.    Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1
1)      Kegiatan Pendahuluan
Guru
Siswa
Waktu
-   memberi salam kepada siswa
-       membalas salam guru
10’
-   mengajak siswa berdoa
-       berdoa bersama dengan guru
-   mengecek kehadiran siswa

-       menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”

2)      Kegiatan Inti

Guru
Siswa
Waktu
a. Mengamati (Observing)
-    mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti pelajaran dengan menunjukkan kalimat-kalimat passive voice
-    siap mengikuti pelajaran tentang kalimat passive voice


15’
-   menunjukkan siswa berbagai contoh kalimat passive voice dan kalimat active (present tense)
-    menyimak berbagai contoh kalimat passive voice dan kalimat active (present tense)
-    membimbing siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan kalimat Passive (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
-    dengan bimbingan guru siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan kalimat Passive (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

b. Mempertanyakan (Questioning)
-   memberikan siswa kesempatan untuk mempelajari passive voice
-    mempelajari passive voice
10
-   memberikan kesempatan untuk siswa menanyakan tentang pattern of passive voice
-    menanyakan tentang pattern of passive voice
-   memberikan siswa kesempatan untuk mempelajari passive voice secara individu
-    mempelajari passive voice secara individu
c. Mengeksplorasi (Exploring)
-   meminta siswa mendiskusikan cirri-ciri kalimat passive secara berkelompok
-    mendiskusikan cirri-ciri kalimat passive secara berkelompok
15
-   meminta siswa menganalisis kalimat dan menentukan kalimat passive voice secara berkelompok
-    menganalisis kalimat dan menentukan kalimat passive voice secara berkelompok
d. Mengasosiasi (Associating)
-    memberikan siswa kesempatan untuk mempelajari be dalam bentuk present tense secara berpasangan
-    siswa mempelajari be dalam bentuk present tense secara berpasangan
10’
-   meminta siswa membandingkan kalimat passive voice dengan kalimat active
-    membandingkan kalimat passive voice dengan kalimat active

e. Mengkomunikasikan (Communicating)
-   meminta siswa secara berpasangan melakukan tanya jawab dengan kalimat passive voice di dalam kelas
-    secara berpasangan melakukan tanya jawab dengan kalimat passive voice di dalam kelas
20’

3)      Kegiatan Penutup

Guru
Siswa
Waktu
-   memberi panduan menyimpulkan hasil pembelajaran
-       dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
10’
-   meminta siswa menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
-       menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
-   memberikan penugasan terstruktur individu
-        menulis tugas terstruktur inividu
-   menyampaikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya
-    mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya














Pertemuan 2
1)      Kegiatan Pendahuluan

Guru
Siswa
Waktu
-   memberi salam kepada siswa
-       membalas salam guru
10’
-   mengajak siswa berdoa
-       berdoa bersama dengan guru
-   mengecek kehadiran siswa

-       menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
-   Mereview passive voice (present tense)
-       Menjawab dan merespon tentang passive voice (present tense)

2)      Kegiatan Inti

Guru
Siswa
Waktu
a. Mengamati (Observing)
-    memberikan contoh kalimat passive voice
-   menyimak contoh kalimat passive voice
10
-   meminta siswa untuk mengidentifikasikan kalimat passive voice
-   mengidentifikasi kalimat passive voice

b. Mempertanyakan (Questioning)
-    memberikan kesempatan untuk siswa bertanya mengenai perbedaan antar berbagai kalimat Passive yang ada dalam bahasa Inggris
-    bertanya mengenai perbedaan antar berbagai kalimat Passive yang ada dalam bahasa Inggris
20
c. Mengeksplorasi (Exploring)
-   meminta siswa untuk melengkapi kalimat passive voice dalam bentuk present
-    melengkapi kalimat passive voice dalam bentuk present
10’
-   meminta siswa untuk memeriksa dan menganalisis kalimat passive voice tersebut
-   memeriksa dan menganalisis kalimat passive voice tersebut
d. Mengasosiasi
-   meminta siswa untuk menganalisa contoh kalimat passive voice dan kalimat active
-    menganasisa contoh kalimat passive voice dan kalimat active
10’
-   meminta siswa untuk membandingkan kalimat passive voice dan kalimat active
-    membandingkan kalimat passive voice dan kalimat active
e. Mengkomunikasikan
-   meminta siswa secara berkelompok untuk menyusun kalimat passive voice
-    secara berkelompok menyusun kalimat passive voice
20’
-   memberikan masukan baik dari aspek fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
-    mencatat semua masukan guru baik dari aspek fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
-   meminta siswa menuliskan permasalahan dalam menyusun kalimat passive voice dalam jurnal belajar (learning journal).
-    menuliskan permasalahan dalam menyusun kalimat passive voice dalam jurnal belajar (learning journal).

3)      Kegiatan Penutup

Guru
Siswa
Waktu
-   memberi panduan menyimpulkan hasil pembelajaran
-       dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
10’
-   meminta siswa menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
-       menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
-   memberikan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk  saling mengirimkan email berisi saran dan tawaran dan memberikan respon dengan tepat
-    saling mengirimkan email berisi saran dan tawaran dan memberikan respon dengan tepat
-   menyampaikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya
-    mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya




Pertemuan 3
1)      Kegiatan Pendahuluan
Guru
Siswa
Waktu
-   memberi salam kepada siswa
-       membalas salam guru
10’
-   mengajak siswa berdoa
-       berdoa bersama dengan guru
-   mengecek kehadiran siswa

-       menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
-   Mereview passive voice (present tense)
-       Menjawab dan merespon tentang passive voice (present tense)

2)      Kegiatan Inti

Guru
Siswa
Waktu
a. Mengamati (Observing)
-    meminta siswa untuk menirukan contoh dalam kalimat passive voice
-   menirukan contoh dalam kalimat passive voice
10
-   meminta siswa untuk mengidentifikasikan kalimat passive voice
-   mengidentifikasi kalimat passive voice

b. Mempertanyakan (Questioning)
-   memberikan kesempatan untuk siswa bertanya mengenai perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
-    bertanya mengenai perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
20
c. Mengeksplorasi (Exploring)
-    meminta siswa untuk menyatakan dan menanyakan dalam bentuk passive  dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
-    menyatakan dan menanyakan dalam bentuk passive  dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
10’
-   meminta siswa secara berpasangan melakukan tanya jawab dengan mengunakan kalimat passive
-   secara berpasangan melakukan tanya jawab dengan mengunakan kalimat passive
d. Mengasosiasi
-   meminta siswa untuk membandingkan contoh kalimat passive voice dalam bahasa inggris dengan bahasa ibu atau bahasa Indonesia
-    membandingkan contoh kalimat passive voice dalam bahasa inggris dengan bahasa ibu atau bahasa Indonesia
10’
e. Mengkomunikasikan
-   meminta siswa secara mandiri untuk menuliskan kalimat passive voice
-    secara mandiri menuliskan kalimat passive voice
20’
-    meminta siswa lain saling mengkoreksi kalimat yang telah disusun secara berpasangan  dan memberikan masukan
-    saling mengkoreksi kalimat yang telah disusun secara berpasangan  dan memberikan masukan
-    memberikan masukan baik dari aspek fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
-    mencatat semua masukan guru baik dari aspek fungsi sosial, struktur teks, bentuk bahasa maupun format penulisannya.
-   meminta siswa menuliskan permasalahan dalam menyusun kalimat passive voice dalam jurnal belajar (learning journal).
-    menuliskan permasalahan dalam menyusun kalimat passive voice dalam jurnal belajar (learning journal).

3)      Kegiatan Penutup
Guru
Siswa
Waktu
-   memberi panduan menyimpulkan hasil pembelajaran
-       dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
10’
-   meminta siswa menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
-       menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
-   memberikan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk  saling mengirimkan email berisi saran dan tawaran dan memberikan respon dengan tepat
-    saling mengirimkan email berisi saran dan tawaran dan memberikan respon dengan tepat
-   menyampaikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya
-    mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya


O.    Penilaian :
1)      Penilaian sikap spiritual dan sosial
a.       Instrumen penilaian sikap spiritual (lembar pengamatan terlampir)
b.      Instrumen penilaian sikap sosial (lembar pengamatan terlampir)
2)      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan : Tes Tertulis (soal terlampir)
3)      Penilaian penerapan dilakukan dengan penilaian rubrik (lembar rubrik terlampir)


Mengetahui                                                                             Karawang,
            Kepala  SMAN 1 Pedes                                                          Guru Mata Pelajaran





            (                                             )                                                (                                   )







Lampiran 2 :
Kisi-kisi soal pengetahuan dan penerapan

No
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Kelas/
semester

Materi
Pokok
Indikator soal
Nomor
soal
1
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KD 3.1  KD 3.7. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.


Xl/2
Teks tulis sederhana, untuk menyusun kalimat passive voice
Diberikan kalimat passive voice untuk dilengkapi secara berkelompok dan mendiskusikan hasil kerja bersama dengan kelompok lain dengan mempertim-
bangkan:
a. Fungsi Sosial
b. Struktur teks
c. Unsur Kebahasaan

1-10
(Uraian)
















2
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


KD 4.11
Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Xl/2
Teks tulis sederhana passive voice
Ditugaskan menuliskan kalimat passive voice secara individu
 11-10
(uraian)
















































Lampiran 3 :
SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : …………………………………………                   Class/Number : ……../ ……..
Name  : …………………………………………                   Class/Number : ……../ ……..
KKM   : 75

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information

                                                                                          Total score                                                                     

                                                                         Final Score = Total score : 4



Tidak ada komentar:

Posting Komentar